Kamis, 27 Maret 2008

TandA-TaNda OrAng MuNafik

NAbi bersabda;
"orang munafik adalah ia yang telah mengucapkan janji,mengingkarinya;
jika ia berbuat,perbuatannya jahat; jika ia diberi ketentuan,ia melanggar;
jika tidak diberi, ia menonjol-nonjolkan kehidupannya."

Beliau juga bersabda,
"Seseorang yang bathinnya bertentangan dengan penampilannya dimuka umum adalah munafik--Siapapun ia,dimanapun adanya,dizaman apapun ia hidup,dan dalam peringkat manapun ia tinggal."

Tanda-tanda kemunafikan lainnya adalah; orang-orang yang tidak peduli dengan kebohongan,kelicikan,kebencian,kesombongan,ketamakan,kesalahan dan kebodohan.

Orang-orang munafik selalu menerima dan memberi dengan ketidak tulusan mereka jauh dari sifat rendah hati mereka selalu ingin di puji disertai sifat iri hati semisal ada yang menyamai dan melebihi mereka.

Orang-orang munafik suka melanggar kebenaran di dalam hatinya dan bahkan suka mengolok-oloknya, lebih menyukai bersenang-senang daripada melakukan hal bermanfaat,suka menghina orang yang berbuat baik dan menghasut orang untuk menghindari perbuatan-perbuatan baik.
Dan tentunya lebih menyukai dunia daripada akhirat.

Allah swt telah mengambarkan kaum munafik lebih dari satu surah salah satunya adalah;
Allah Ta'ala berfirman;

Dan di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami telah beriman kepada Allah dan Hari Akhir," padahal mereka sebetulnya bukan orang-orang yang beriman.Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang beriman,padahal mereka hanya menipu diri sendiri,sedang mereka tidak menyadari. Dalam hati mereka ada penyakit,lalu Allah memperhebat penyakit itu,dan mereka diberi siksaan yang pedih karena mereka mendustakan kebenaran.
(QS Al-Baqarah [2]:8-10)

Orang-orang munafik adalah yang didalam hati mereka ada penyakit untuk mendustakan kebenaran dalam segala hal.









Tidak ada komentar: